Sabtu, 09 Juni 2012

PENGGUNAAN METODE EKSPOSITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG BILANGAN CAMPURAN PENJUMLAHAN DAN PEMBAGIAN DI SD NEGERI PURWOYOSO 02 KOTA SEMARANG




Dalam kaitannya dengan perkembangan manusia, proses belajar juga mengalami perkembangan. Belajar adalah perkembangan yang berasal dari latihan dan usaha pada pihak individu. Sama halnya dengan manusia, belajarpun mengalami proses kematangan. Ada tiga hal yang erat kaitannya antara kematangan dan belajar.

Pertama, : Karena manusia mampu belajar, maka keanekaan mungkin terjadi, perbedaan-perbedaan individu dalam kepribadian, sikap-sikap dan pola-pola perilaku terjadi bukan hanya karena kematangan namun kematangan dan belajar.
Kedua, : Kematangan memberi batasan dimana perkembangan tidak dapat memperoleh kemajuan sekalipun dengan metode belajar yang paling disukai.
Ketiga, : Ada ”Jadwal” yang pasti belajar . Individu tidak dapat belajar sampai dirinya siap. Kesiapan dalam belajar menentukan saat kapan belajar itu dapat dan harus dilakukan.
Adapun keterlambatan dalam belajar menyebabkan timbulnya berbagai masalah. Misanya : sulitnya berkonsentrasi, kejenuhan belajar, kebencian pada suatu mata 9pelajaran, dan masih banyak masalah belajar lainnya. Masalah-masalah tersebut memberi dampak, baik pada perkembangan akademis terjadi kemerosotan nilai hasil belajar, sedangkan pada perkembangan psikologisnya anak, terlihat adanya perubahan perilaku anak.
Karena merasa kekurangan, anak menjadi minder dan malu bergaul dalam kelompoknya, tertutup, acuh tak acuh dan terkadang anak menjadi agresif terhadap teman-teman yang menolak dirinya.
Agar tidak menjadi masalah yang berlarut-larut, maka perlu adanya penyelesaian. Salah satu cara penyelesaian masalah tersebut adalah melalui bimbingan. Bimbingan diberikan oleh orang yang ahli dan berpengalaman dalam melakukan bimbingan. Dalam paparan ini, nantinya akan dibahas tentang bimbingan pada mata pelajaran yang sering kali menjadi hal yang menakutkan bagi anak, misalnya matematika.
Bimbingan merupakan salah satu komponen yang erat kaitannya dalam penyelenggaraan pendidikan. Kebutuhan pelaksanaan bimbingan berlatar belakang beberapa aspek yaitu aspek psikologis, sosiologis, kultural dan paedagogies. Dalam aspek psikologis terdapat banyak masalah salah satu diantaranya adalam masalah belajar. Masalah ini muncul dan terkait erat dengan berbagai komponen sistem pendidikan seperti kurukulum, strategi belajar mengajar, alat bantu belajar, sumber-sumber dan sebagainya. Perkembangan ini tentunya akan mempengaruhi kehidupan pada siswa dalam bidang akademik khususnya. 10Dengan adanya perubahan ini siswa terpaksa harus menyesuaikan diri dengan setiap perkembangan pendidikan yang terjadi untuk mencapai kesuksesan yang berarti dalam keseluruhan proses belajarnya. Proses penyesuaian diri tersebut memerlukan bantuan yang terarah dan sistematis melalui pelajaran bimbingan belajar. Karena bimbingan pada hakikatnya merupakan salah satu konsekuensi dari perkembangan pendidikan.
Bimbingan itu sendiri dilaksanakan dengan terarah dan sistematis. Oleh karena itu manejerial dalam bimbingan merupakan upaya guru pembimbing dalam melaksanakan bimbingan dan mencapai tujuan yang diharapkan. Aspek yang terkandung dalam manajerial yaitu perencanaan dan pengorganisasian program, pelaksanaan dan pengarahan program, evaluasi dan survei.


Sumber pustakaskripsi.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Blog Archive

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com