Minggu, 10 Juni 2012

MENGENAL ANAK GAGAP DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA TK




Pada masa anak usia TK biasanya mulai senang berbicara akan tetapi sering kali terjadi ketidakseimbangan antara kecepatan dalam berbicara dengan kecepatan berpikir. Anak sebenarnya ingin berbicara banyak, akan tetapi kemampuannya belum bisa memadai, jadi fungsi fisiologis belum sempurna, sehingga anak menjadi gagap.

Menurut Samuel A Kirk, (1962 : 310) Stuttering is generally Considered a disorder of rhythm. Actually, everyone has a different speech rhythm different timing of speech, different degrees of fluency, dan umumnya bukan saja artikulasi, terutama timbul dalam hubungannya dengan kualitas suara, nada suara dan kekuatan suara.
Metode penulisan yang digunakan dalam tugas akhir ini meliputi metode pendekatan penulisan yaitu untuk menggambarkan keadaan sesuatu atau status fenomena. Sedangkan metode pengumpulan data dimana yang dipergunakan adalah studi pustaka. Studi pustaka tersebut bersumber dari pustaka, buku, dokumen, dan lain-lain. Bahan pustaka berupa referensi yang disalin di perpustakaan dan buku-buku tentang gagap bicara.
Tugas akhir ini membahas tentang masalah pengenalan anak gagap dan pengaruhnya terhadap perkembangan bahasa anak usia TK. Gejala anak yang menderita gagap bicara antara lain bicaranya kelihatan bimbang, kata-katanya terputus-putus, kadang-kadang terhenti pada tiap suku kata, mengulangi kata yang sama dan memperpanjang bunyi. Tahap perkembangan bahasa secara umum dimulai dari anak usia bayi, anak usia dini, kemudian dilanjutkan pada anak usia sekolah. Penyebab anak menjadi gagap adalah karena trauma, nervous, pemaksaan menggunakan tangan kanan pada anak kidal, dorongan motorik bicara besar tetapi tidak ada yang hendak dikatakan. Cara mengatasinya yaitu dengan menenangkan hati anak, tidak memotong pembicaraan anak sewaktu berbicara walaupun terputus-putus, melakukan terapi bicara. Pengaruh gagap bicara terhadap perkembangan bahasa yaitu gagap bicara dapat memperlambat penguasaan kata dan pengucapannya tidak jelas.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa gagap pada umumnya akan hilang pada usia remaja tapi perlu ditangani sebaik mungkin. Peran seorang guru dan orang tua sangatlah penting dalam menghadapi perkembangan bahasa anak.
Saran-saran yang diajukan penulis yaitu hendaknya orang tua selalu memperhatikan setiap perkembangan bahasa anak supaya apabila terjadi gangguan terhadap bahasa anak bisa dengan cepat teratasi.


sumber pustakaskripsi.com

1 komentar:

edi182 on 13 Juni 2012 12.44 mengatakan...

Lanjutkan

Poskan Komentar

Blog Archive

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com