Minggu, 24 Juni 2012

Sabar melawan Nafsu


Ass..

Begitu sulitnya menanamkan rasa sabar dalam diri. Sabar itu dapat menahan diri untuk melakukan segala sesuatu untuk melakukan atau mendapatkan sesuatu. Terkadang orang ingin mendapatkan sesuatu dengan cara tergesa-gesa, bagaimanapun caranya harus dapat, bahkan cara yg tidak baik akan dilakukannya demi mendapatkan apa yang dia inginkan. Secara tidak sadar setan pun merasukinya.
Sabar untuk melawan hawa nafsu, Hawa nafsu merupakan sifat yg dimiliki setiap manusia. Apakan nafsu itu Buruk? "Tidak" jika tidak memiliki nafsu tidak akan sampai saat ini kita masih menjalani kehidupan di dunia. Contoh kecil nafsu untuk makan, bagaimana jika kita tidak nafsu makan dalam seminggu!



Ini saya kutip dari blog sebelah http://blogerbenteng.com
Ada 7 jenis nafsu dalam islam dan berikut kilasannya :
  1. Nasfu Amarah
    • adalah nafsu yang berbangga apabila membuat sesuatu kemungkaran.
    • mereka adalah dari golongan yang bermaksiat di mata dan di hatinya.
  2. Nafsu Lawamah
    • adalah nafsu yang menyadari apabila melakukan suatu kemungkaran.
    • golongan ini beramal tetapi masih ada riya, hasut, dengki dan sebagainya.
    • nafsu mereka tetap dilakukan walau mereka tahu itu salah.
  3. Nafsu Marhamah
    • adalah nafsu yang telah dapat membuang sifat tercela.
    • walaupun begitu, mereka masih mengkritik diri sendiri.
  4. Nafsu Mutmainah
    • adalah nafsu yang lemah lembut.
    • mereka mendapat ketenangan dan menghilangkan gelisah di jiwa.
    • mereka adalah orang yang sholeh.
  5. Nafsu Raudiah
    • adalah nafsu yang berusaha untuk melatih diri untuk mencintai Allah sepenuhnya..
    • mereka bergaul dengan orang banyak tetapi hatinya semata-mata hanya kepada Allah.
  6. Nafsu Kamaliah
    • adalah nafsu yang sempurna, nafsu yang hanya dimiliki oleh para Nabi dan Rasul.
  7. Nafsu Mardiah
    • adalah nafsu yang terbaik dan yang paling dicintai dan nafsu yang paling di ridhai Allah. Keridhaan tersebut terlihat pada anugrah yang diberikan-Nya berupa senantiasa berdzikir, ikhlas, mempunyai karomah, dan memperoleh kemuliaan, sementara kemuliaan yang diberikan Allah SWT itu bersifat universal, artinya jika Allah memuliakannya, siapa pun tidak akan bisa menghinakannya, demikian pula sebaliknya orang yang dihinakan oleh Allah SWT, siapa pun tidak bisa memuliakannya.
Nafsu yang mana kita termasuk? maaf saya juga bingung, mungkin anda lebih paham dari saya dengan beberapa jenis nafsu diatas.

Saya mengambil kesimpulan ada nafsu positif dan nafsu negatif. Apa tuh ada positif dan negatif! emang tematik di sd! Maksudnya terdapat nafsu yang bersifat baik dan nafsu yang bersifat buruk. Nafsu bersifat baik ini merupakan nafsu yg harus dimiliki setiap manusia, "contohnya apa tuh?" Contohnya sudah saya sebutkan tadi yaitu nafsu makan. "Makan orang?" Bukan itu mah kanibal. Bagaimana jika kita tidak memiliki nafsu untuk makan?, bagaimana jika kita tidak memiliki nafsu terhadap lawan jenis?, bagaimana jika kita tidak memiliki nafsu kerja?. Apakah kehidupan kita akan berjalan?. itu beberapa contoh nafsu positif menurut saya. Adapun nafsu negatif, nafsu negatif merupakan nafsu yang harus dihindari. "Kenapa harus dihindari kapten?" Ya! karena nafsu negatif merupakan nafsu yang buruk. Contoh nafsu negatif, nafsu ingin mendapatkan sesuatu dengan cara yang tidak wajar, seperti nafsu mencuri, nafsu mencopet, nafsu menjambret, dll. Banyak dampak yang akan menimbulkan berbagai permasalahan dari nafsu tersebut. "Apa saja tuh kapten?" Ya misalnya saja menjambret bila gagal, bisa digebukin orang kan! Penyesalan, suatu saat akan timbul rasa penyesalan jika saat ia berada dalam kondisi sehat, jika tidak sehat-sehat tidak akan timbul rasa itu, atau perasaannya sudah mati.

Ingin mendapatkan sesuatu dengan nafsu, akan mengakibatkan berbagai masalah, berbeda dengan ingin mendapatkan sesuatu dengan penuh kesabaran. Pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Mungkin cukup saya akhiri sampai sini ketikkan saya, sudah dipanggil-panggil dari tadi sama someone.

Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan, saya disini blogger bukan mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Karena tidak ada dosen pembimbingnya.

Wassalam.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com