Sabtu, 16 Juni 2012

Perlunya perhatian orang tua terhadap sang anak


Dalam membina kehidupan keluarga, orang tua memberikan pendidikan yang diperlukan bagi anak agar dapat melahirkan generasi baru sebagai penerus perjuangan hidup orang tua. Orang tua memiliki tanggung jawab dan kewajiban dalam pendidikan anak-anaknya.

Keluarga merupakan tempat anak melihat cahaya kehidupan pertama, sehingga apapun yang dicurahkan dalam sebuah keluarga akan meninggalkan kesan yang mendalam terhadap watak, pikiran serta sikap dan perilaku anak. Sebab tujuan dalam membina kehidupan keluarga adalah agar dapat melahirkan generasi baru sebagai penerus perjuangan hidup orang tua. Untuk itulah orang tua mempunyai tanggung jawab dan kewajiban dalam pendidikan anak-anaknya. Pendidikan dalam keluarga merupakan dasar pada pendidikan di sekolah.

Dalam keluarga anak didik mulai mengenal hidupnya. Hal ini harus disadari dan dimengerti oleh tiap orang tua, bahwa anak lahir di dalam lingkungan yang tumbuh dan berkembang sampai anak melepaskan diri dari ikatan keluarga. Di dalam keluarga juga merupakan penanaman utama dasar-dasar moral bagi anak, yang biasanya tercermin dalam sikap dan perilaku orang tua sebagai teladan yang dapat dicontoh anak.
Perhatian orang tua sangat mempengaruhi perilaku dan sikap seorang anak di luar lingkungan rumah (keluarga). Pendidikan yang baik dan benar akan sangat dibutuhkan oleh sang anak. Pendidikan yang baik yaitu mendidik anak dengan penuh kasih sayang dari orang tua akan membuat seorang anak akan merasa nyaman dan senang ketika berada di lingkungan rumah.

Suasana keluarga yang bahagia akan mempengaruhi masa depan anak baik di lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, lingkungan pekerjaan maupun dalam lingkungan keluarga itu sendiri. Lingkungan keluarga yang bahagia akan menumbuhkan rasa aman dan nyaman ke dalam diri anak. Perasaan aman ini perlu, sehingga anak merasakan hidupnya merasa aman dalam kehidupan keluarga. Rasa aman yang tertanam ini akan menimbulkan suatu kepercayaan pada diri sendiri. Anak yang gagal mengembangkan rasa percaya diri ini akan menimbulkan suatu kegelisahan hidup, ia merasa tidak disayangi, dan tidak mampu menyayangi kepada siapapun.

Orang tua yang kurang bisa berkomunikasi dengan anaknya akan menimbulkan kerenggangan atau konflik hubungan, sebaliknya orang tua yang dapat menerima anaknya sebagaimana adanya, maka si anak cenderung dapat tumbuh, berkembang, membuat perubahan-perubahan yang membangun, belajar memecahkan masalah-masalah, dan secara psikologis semakin sehat, semakin produktif, kreatif dan mampu mengaktualisasikan potensi sepenuhnya.

Perhatian orang tua tersebut akan berpengaruh terhadap perilaku seorang anak. Orang tua selalu mengharapkan anaknya berperilaku yang baik, namun karena pola asuh di lingkungannya yang kurang tepat bagi anak justru akan menyebabkan perilaku yang buruk.

Perilaku seorang anak akan mempengaruhi dalam kegiatan proses belajar mengajar di sekolah. Anak yang berperilaku buruk akan melakukan apapun yang ia inginkan, selalu menghiraukan nasihat dan perintah guru, bahkan kadang melawan. Hal itu di sebabkan perilaku yang kurang baik dari dalam diri anak. Hal itu sudah pasti akan berpengaruh terhadap hasil belajar anak di sekolah. 

Itu mengapa perlunya perhatian orang tua terhadap sang anak.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com