Jumat, 01 Juni 2012

Pameran Lukisan Raden Saleh Akan Dibuka Wapres Boediono




http://images.detik.com/content/2012/06/01/1059/radensaleh-dlm.jpg
Jakarta - Untuk pertama kalinya, lukisan karya Raden Saleh akan dipamerkan di Tanah Airnya sendiri. Pameran akan berlangsung di Galeri Nasional, Jakarta, 3 - 17 Juni 2012 dan Wakil Presiden Boediono dijadwalkan akan membukanya.

Bertajuk 'Raden Saleh dan Permulaan Lukisan Indonesia Modern', pameran tersebut sekaligus menandai ulang tahun ke-200 pelukis yang dijuluki 'Bapak Modernitas Jawa' itu. Lebih dari 40 lukisan cat minyak dan 20 gambar hasil karya Raden Saleh akan bisa dinikmati publik. Karya-karya itu dikumpulkan oleh kurator Werner Kraus dari koleksi pribadi maupun lembaga.



Werner Kraus adalah sejarawan Jerman yang telah bertahun-tahun meneliti Raden Saleh, dan menulis biografinya. Dalam jumpa pers di Jakarta beberapa waktu lalu ia mengungkapkan harapannya agar setelah pameran ini, nama Raden Saleh semakin dikenal dan akan terus dikenang dalam gerakan seni rupa nasional Indonesia.

Pameran tersebut memang akan punya arti yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia, mengingat selama ini hanya serba samar mengenal nama Raden Saleh. Dia adalah pelukis Jawa yang hidup pada abad ke-19. Dengan biaya dari pemerintah kolonial, ia mengenyam pendidikan di Eropa dan membawa pemahaman baru mengenai seni visual.

Dalam sejumlah foto sosok Raden Saleh terlihat sebagai seniman yang nyentrik, terutama dari sisi gaya berpakaian. Ia memadukan busana Eropa dengan blangkon khas Jawa.

Raden Saleh lahir di Semarang, Mei 1811. Namun, masa hidupnya banyak dihabiskan di Eropa, khususnya Jerman, selama lebih dari 25 tahun. "Tapi, semangat dari caranya bekerja melukis tetap tersirat nuansa Jawa," ujar Direktur Regional Goethe Institut untuk Wilayah Asia Tenggara, Australia, dan Selandia Baru Franz Xaver Augustin.

Pameran 'Raden Saleh dan Permulaan Lukisan Indonesia Modern' digelar oleh Goethe Institut Jakarta dan Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia. Selain pameran lukisan akan digelar juga temu wicara, simposium dan peragaan busana, semuanya berkaitan dengan Raden Saleh.

sumber detik.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com