Jumat, 31 Agustus 2012

Wisata Islami ke China


Berkunjung ke China, selain bertujuan untuk wisata belanja juga bisa sekaligus berwisata religi.



Menyebut wisata islami di China, tentu harus mendatangi Masjid Najiahu di Yongning County, Yuncuan, Provinsi Ningxia. Masjid yang juga dibangun masa Dinasti Ming pada tahun 1524 itu bergaya tradisional Tiongkok.



Di Ningxia, objek wisata islami yang harus dikunjungi adalah Taman Budaya Etnis Hui yang terletak tak jauh dari Masjid Najiahu. Jika Masjid Najiahu kental nuansa Tiongkok Kuno, kemegahan ala masjid Timur Tengah modern begitu terasa saat melihat Taman kebanggaan etnis Hui di Ningxia. Di kompleks taman itu berdiri 2 bangunan, yakni museum dan sebuah bangunan mirip masjid yang oleh pengelola disebut sebagai Dewan Emas.



Museum berisi sejumlah peninggalan jejak Islam di Tiongkok dan berbagai belahan dunia. Selain foto-foto diorama, replika Masjidil Haram dan Al Qurâan yang ditulis tangan, juga dipajang perkembangan modern etnis Hui, seperti gaya berpakaian khas etnis Hui hingga rumah dan makanan mereka.



Sedang Dewan Emas berada di belakang kompleks itu. Bangunan mirip masjid ini sangat besar dan megah. Di dalamnya, warna biru dan kuning emas mendominasi. Seluruh dinding, langit-langit, dan tiang bangunan dilukis oleh sedikitnya 200 seniman Tiongkok. Selain kaligrafi, corak khas Tiongkok juga mewarnai lukisan yang terkesan mewah dan indah.

Sent from my BlackBerry® via Smart 1x / EVDO Network. Smart.Hebat.Hemat.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com