Sabtu, 14 Juli 2012

Orang tua terbaik untuk buah hati


MENJADI orangtua bukanlah peran mudah untuk dijalani. Agar Anda tak menciptakan kesalahan, hindari hal-hal ini.



Keharmonisan hubungan antara orangtua dan anak dapat tercipta dengan memberikan pengasuhan bijak dan seimbang pada mereka. Hal ini tentu bukan perkara mudah untuk dilewati. Apalagi, menjadi orangtua diperlukan langkah strategis dalam memberikan pola asuh terbaik dan menghindari kesalahan yang dapat memengaruhi tumbuh kembang mereka dalam jangka panjang. Berikut ini beberapa kesalahan yang perlu dihindari, seperti dilansir Quickeasyfit.



Ketahui karakter anak



Anak-anak dapat berperilaku lain di tempat yang berbeda, dengan orang yang berbeda dan dalam kondisi yang berbeda. Untuk mengetahui anak Anda lebih baik, tetaplah jalin komunikasi dengan guru, teman, dan orang lain. Dengan bantuan perspektif mereka, Anda pun memeroleh informasi lain mengenai anak yang mungkin tak pernah Anda sadari sebelumnya.



Jangan lupakan tentang keamanan anak



Terkadang, orangtua sering lupa diri dan terkesan mengekang. Hasilnya, anak-anak jadi tak bisa menghadapi dunianya secara mandiri. Padahal, anak-anak juga memerlukan rasa aman dan kepercayaan diri yang cukup tanpa orangtua. Karenanya, hindari untuk bersikap over protective terhadap anak yang membuat perkembangan mereka sedikit terkekang.



Jangan bersikap bias



Saat menyelesaikan perselisihan antara anak dan tetangga atau teman, orangtua sering kali mendukung anak mereka tanpa mencari tahu kondisi sesungguhnya. Hal ini tidak akan mengajarkan anak Anda menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab. Sebaliknya, cari tahu kondisi di lapangan sebelumnya dan jika anak Anda yang bersalah, mintalah dia untuk meminta maaf, serta menyelesaikan masalah mereka sendiri. Ajaran ini akan mendidik mereka untuk menyadari bahwa mereka tidak selalu benar dan mengajarkan untuk menjalani kehidupan sosial dengan cara yang bijak.

Sent from my BlackBerry® via Smart 1x / EVDO Network. Smart.Hebat.Hemat.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com