Kamis, 07 Juni 2012

Posting Excel,Word, PDF di Blog dengan Google Docs



Memasukkan tulisan dalam media blog bukanlah hal yang sulit, karena dapat dilakukan dengan cara langsung mengetik huruf demi huruf dan hasilnya dapat tampil langsung di media blog setelah diterbitkan.
Bagaimana dengan file seperti word, excel, powerpoint? sebagai solusi yang banyak disediakan diinternet adalah salah satunya dari Google Docs. Dengan Google Docs file yang telah ditampilkan dapat diedit dan setiap waktu akan tersimpan dan terupdate pada media blog. Artinya, dengan hanya sekali memasukkan alamat HTML-nya di media blog maka akan terupdate dengan hanya melakukan pengeditan di Google Docs walaupun dilakukan berulang kali pengeditan.


Menyimpan file di Google Docs
Untuk memasukkan atau menyimpan file di Google Docs, beberapa langkah yang perlu dilakukan adalah:
  1. Buka alamat www.docs.google.com
  2. Silahkan login dengan account Gmail yang Anda miliki [syaratnya adalah dengan memiliki alamat email dari gmail]
  3. Pada halaman Google Docs, temukan dan klik Upload
  4. Selanjutnya, pada bagian Upload File silahkan klik Select files to Upload
  5. Jika file yang Anda masukkan sudah dipilih, maka lanjutkan dengan langkah mengklik Start upload [tunggu beberapa waktu sampai proses upload berhasil]
  6. File yang telah berhasil diupload diberi tandan contreng, silahkan klik nama file tersebut untuk melanjutkan proses selanjutnya.
    Sekarang ini Anda berada halaman kerja file di Google Docs tersebut dengan model yang sama dengan hamalan kerja Excel (jika file upload adalah jenis Excel)
  7. Pada halaman kerja file yang telah diupload Anda dapat melakukan pengeditan dan akan tersimpan secara otomatis, jika sudah selesai mengedit Anda dapat melanjutkan dengan men-setting untuk dipublikasikan di media blog. Klik Share yang terdapat dipojok kanan atas
  8. Muncul kotak dialog Share Setting, pada bagian Premissions: Private-Only the people listed below can acces, silahkan Anda klik Change [untuk mengatur publikasi, awalnya hanya file diprivasi]
  9. Muncul kota dialog selanjutnya, pada Visibility options: silahkan klik lingkaran Public on the web dan pagian lainnya akhiri dengan klik Save dan tutup kotak dialog Share Setting dengan mengklik Close
  10. Lanjutkan publikasi dengan mengklik tanda panah ke bawah yang terdapat disamping kanan Share yang terdapat di pojok kanan atas, lalu pilih Publish as a web page
  11. Muncul kotak dialog Publish to the web, pada bagian Sheets to public silahkan klik star publishing (publikasi untuk pertama kalinya)
  12. Masih pada bagian kotak dialog Publish to the web, pada bagian Get a link to the published data, ganti Web page menjadi HTML to embed in a page, lalu muncul kode HTML yang digunakan untuk mempublikasikan file Excel Anda di media blog
  13. Silahkan copy kode HTML tersebut dan klik Close kotak dialog Publish to the web
  14. Selesai
Publikasi file di Media Blog
  1. Buka halaman posting baru atau entri baru
  2. Kemudian paste kode HTML di bagian kerja postingan
  3. Akhiri dengan mengklik Terbitkan Entri
  4. Lalu lihat hasilnya
Catatan:
Anda dapat merubah ukuran lebar dan tinggi sesuai dengan lebar dan tinggi media blog Anda atau sesuai dengan keinginan.
Pada bagian awal sudah dijelaskan bahwa file-file yang telah dipublikasi di media blog secara otomatis akan terupdate jika ada perubahan-perubahan data yang dilakukan di tempat penyimpanan file (google Docs). Artinya, Anda hanya perlu melakukan pengeditan file dengan masuk pada halaman kerja Google Docs dan secara otomatis perubahan tersebut juga terjadi media blog Anda. Semoga sukses.


Sumber: www.desainwebsite.net

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com