Sabtu, 09 Juni 2012

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA FAKTA DASAR PEMBAGIAN


Matematika merupakan satu ilmu yang selalu berkembang, baik dari sisi materi maupun manfaatnya bagi masyarakat. Oleh karena itu matematika harus dikuasai peserta didik sejak dini. Dengan menguasai konsep – konsep dasar matematika sejak dini, Diharapkan peserta didik akan dapat menguasai ilmu – ilmu yang lain. Matenatika sebagai ilmu tidak hanya untuk matematika itu sendiri, tetapi banyak konsep – konsepnya yang sangat diperlukan oleh ilmu – ilmu lainnya, seperti fisika, kimia, biologi, astronomi, teknik, ekonomi, dan farmasi ( Ruseffendi 1993:88 ). Dengan demikian matematika sangat berpengaruh terhadap penguasaan ilmu – ilmu yang lain. Matematika mata pelajaran yang sangat ditakuti, baik ditingkat sekolah dasar maupun disekolah lanjutan.

Membagi adalah suatu pekerjaan mengurang dengan sebuah bilangan tertentu yang dilakukan beberapa kali. Konsep ini perlu diberilan kepada siswa dengan menggunakan contoh misalnya 12 : 2 = 6 dengan cara menggunakan benda konkrit berupa kelereng sebanyak 12 buah kemudian diambil dan dibagikan kepada dua siswa dengan rata atau sama banyak jumlah kelereng itu habis, ternyata setiap siswa memiliki enam buah kelereng ( Pakasi supartinah, 1 81970:85 ). Cara seperti itu perlu dilakukan ber ulang ulang dengan peraga yang bervariasi sehingga siswa paham betula tentang konsep dasar pembagian dan selanjutnya siswa mampu mengerjakan soal – soal dan masalah yang berkaitan dengan pembagian.
Penelitian ini berfolus pada upaya menyelesaikan pembagian bilangan cacah empat angka dengan satu angka model abstrak cara bersusun pendek pada kelas III SD N Wnosari 04 kecamatan Ngaliyan kota Semarang dengan bimbingan dosen dari UNNES yang juga sebagai observer dan dengan bantuan seorangkepala sekolah dan seorang teman guru sebagai kolaboratornya.


Sumber pustakaskripsi.com

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com